Harus Tahu Apa Perbedaan Margarin Dan Mentega

Mama pasti kenal betul dengan bahan makanan margarin atau mentega. Kedua bahan ini juga sering digunakan untuk campuran adonan kue, roti kering, bahkan olesan roti tawar. Sayangnya tidak semua orang tau kalau kedua bahan ini ternyata sama sekali berbeda. Banyak juga yang akhirnya salah menyebut margarin sebagai mentega dan sebaliknya.


Untuk mencegah salah kaprah yang makin meluas, ada baiknya Mama memahami lebih jauh apa perbedaan keduanya. Tidak hanya warna dan teksturnya yang beda, tapi bahan dan kandungannya juga sama sekali berbeda. Yuk, Ma, simak apa sih perbedaan margarin dan mentega di bawah ini.


• Warna

Cara paling mudah mengetahui perbedaan margarin dan mentega adalah dari warnanya. Mentega mempunyai warna yang lebih pucat sedangkan margarin mempunyai warna kuning yang lebih cerah.


• Bahan

Perbedaan margarin dan mentega yang lain adalah bahan pembuatnya. Mentega terbuat dari susu atau krim. Mentega yang paling sering kita gunakan adalah mentega dari susu sapi, dan juga terdapat mentega yang berasal dari susu domba, kambing atau kerbau. Sedangkan margarin adalah produk yang berasal dari minyak nabati kelapa sawit. 


• Fungsi

Fungsi dari mentega dan margarin sebenarnya hampir sama, Ma. Hanya saja mentega lebih sering diolah untuk menjadi bahan kue. Namun untuk penggunaan sehari-hari, margarin lebih serbaguna untuk memenuhi kebutuhan Mama, seperti menggoreng, menumis, sampai mengoles roti, margarin bisa dibilang lebih enak. Hal ini dikarenakan lidah orang Indonesia lebih akrab dengan margarin yang cenderung lebih gurih.


• Kandungan Air

Meskipun teksturnya lebih padat, tapi kandungan air di mentega lebih banyak lho, Ma. Inilah yang menyebabkan mentega mudah meleleh. Ada 20% kandungan air dalam mentega, sedangkan di dalam margarin kandungan airnya hanya 16%.


• Kolesterol

Karena asal bahannya yang berbeda, kandungan kolesterol keduanya juga sangat berbeda lho, Ma. Kandungan kolesterol dan lemak jenuh pada mentega lebih tinggi daripada margarin karena berasal lemak hewani. Mentega punya kandungan kolesterol tinggi dan lemak jenuh hingga 80%, sedangkan margarin punya kandungan kolesterol yang rendah dan mengandung lemak tak jenuh karena berasal dari lemak nabati. 


• Pengolahan

Mentega dibuat melalui proses pasteurisasi yang bisa dilakukan di rumah atau diolah sebagai produk home industry. Sedangkan margarin harus diolah di pabrik karena harus dilakukan dalam beberapa tahap yang perlu teknologi tinggi.


• Titik Leleh

Mentega sulit disimpan di suhu kota tropis seperti Jakarta dan Surabaya karena memiliki titik leleh di 33o-35oC sehingga mudah meleleh. Sedangkan margarin lebih mudah disimpan tanpa perlu dimasukkan lemari pendingin karena memiliki titik leleh di 37o- 42oC.


• Tekstur

Mentega dan margarin juga punya tekstur yang berbeda, Ma. Tekstur margarin yang cenderung lebih lembut dibandingkan mentega, membuat margarin lebih serbaguna dan cocok untuk membuat kue kering dan cookies. Sedangkan, mentega karena cenderung lebih padat, lebih cocok untuk pembuatan olahan kue.



Nah, dari penjelasan diatas sudah paham kan Ma apa saja perbedaan dan keunggulan margarin. Yuk, Ma, gunakan Filma Margarin yang terbuat dari 100% real margarine sehingga menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih gurih dan cocok untuk semua masakan istimewa keluarga!

Published at 2020-09-15 00:00:00

Meta title : Harus Tahu Apa Perbedaan Margarin Dan Mentega

Meta description : Mama pasti kenal betul dengan bahan makanan margarin atau mentega. Yuk, simak apa saja perbedaan margarin dan mentega.

Related :