Ini Dia Cara Menyimpan Beras Agar Bebas Kutu

Kutu beras adalah serangga yang menyerang produk simpanan pertanian, seperti beras, gandum, dan jagung. Nama ilmiah serangga ini adalah Sitophilus oryzae. Untuk menghilangkan kutu beras, Mama dapat menggunakan media sederhana dan alami, tak perlu bahan kimia atau obat pembasmi kutu. Bahan-bahan alami ini juga aman untuk kesehatan dan mudah didapatkan. Yuk, simak bahan-bahannya di bawah ini.


1. Daun Salam Kering

Kutu beras tidak menyukai aroma daun salam kering, jadi dengan menggunakan daun salam kering, Mama dapat membersihkan beras dari kutu beras yang mendiami tempat penyimpanan beras. Dengan menggunakan cara ini, lama kelamaan kutu beras tidak akan merasa nyaman lalu pergi dengan sendirinya.


2. Daun Pandan

Daun pandan adalah daun yang beraroma harum dan sering kali dipakai sebagai bahan penguat rasa kue. Daun pandan juga ampuh untuk menghilangkan kutu beras. Caranya, letakkan daun pandan di sekitar tumpukan beras yang tertutup. Kutu beras juga perlahan akan pergi sendiri. Selain itu, aroma pandan juga dapat membuat beras lebih wangi dan sedap.


3. Cengkeh

Cengkeh adalah insektisida alami lain untuk kumbang penggerek. Taburkan beberapa biji cengkeh di atas beras, kemudian biarkan agak sedikit tertutup sehingga aroma cengkeh membuat kutu beras tak nyaman dan akhirnya pindah dari tempat penyimpanan beras.


4. Daun Belimbing Wuluh

Aroma daun belimbing wuluh juga tidak disukai oleh kutu beras. Untuk itu daun belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengusir kutu beras yang ada pada beras kita.


5. Lada Kering

Aroma dan rasa lada kering yang kuat ternyata tidak disenangi oleh koloni kutu rambut. Oleh sebab itu, lada kering dapat dijadikan media alami menghilangkan kutu beras. Cara penggunaannya cukup mudah, taburi dan campur beberapa biji lada kering di dalam beras.


6. Daun Nangka dan Serai

Perpaduan daun nangka kering dan batang serai bisa dijadikan pengusir kutu beras yang cukup efektif. Taruhlah beberapa lembar daun nangka kering beserta beberapa batang serai yang masih muda di dalam wadah beras agar kutu beras beranjak pergi.


7. Jemur di Tempat Panas

Jika saat ini cuaca cukup panas dan terik, maka inilah saatnya untuk menghilangkan kutu beras. Siapkan alas cukup lebar sebagai tempat untuk menjemur beras. Biarkan beras terkena paparan sinar matahari dari jam 11 siang hingga jam 3 sore. Cara ini paling cepat dan mudah. Panas matahari akan mengusir kutu beras.


8. Daun Jeruk Nipis

Daun jeruk nipis mempunyai aroma asam yang kuat. Selain digunakan untuk campuran masakan, daun jeruk nipis juga efektif untuk mengusir kutu beras. Caranya, letakkan beberapa lembar daun jeruk nipis ke dalam penyimpanan beras, letakkan pada bagian bawah, bagian tengah dan juga bagian atas beras.


9. Daun Mint

Untuk mengusir kutu beras dengan menggunakan daun mint, maka daun mint harus dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering, kemudian giling daun mint menjadi bubuk dan campurkan dengan beras. Jika masih ragu untuk mencampurnya, maka bubuk daun mint sebaiknya dimasukkan ke dalam kantong plastik dulu, lalu dilubangi kecil-kecil. Letakkan kantong plastik ini di dalam wadah beras.

 

10. Daun Asam Jawa

Alternatif lain untuk menghilangkan kutu beras adalah daun asam jawa. Caranya dengan meletakkan beberapa lembar daun asam jawa pada wadah beras yang tertutup. Namun, ada sedikit kekurangan menggunakan daun asam jawa karena ketika daun asam jawa mulai mengering, maka daun asam jawa akan rontok dan justru mengotori beras.


11. Kulit Kayu Manis

Selain mengusir semut, kulit kayu manis juga efektif dalam menghilangkan kutu beras. Caranya pun sangat mudah, hanya dengan meletakkan kayu manis pada tempat penyimpanan beras.



12. Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma khas yang cukup menyengat. Aroma yang sangat tidak disukai oleh kutu beras. Caranya, masukkan bawang putih yang sudah dikupas ke dalam wadah beras. Namun, cara ini mempunyai sedikit resiko, yakni dapat merusak aroma beras, nah untuknya mencegah hal tersebut, sebaiknya Mama gunakan wadah atau kain untuk menghindari bawang putih langsung terkena beras.


13. Daun Limau Purut

Caranya adalah, dalam setiap 10 kg beras, campurkan 50 gram daun limau/jeruk purut yang sudah ditumbuk lalu masukan ke dalam kasa atau kain tipis. Dengan cara ini beras akan terbebas dari bau apek dan kutu beras.


14. Cabe Kering

Kutu beras tidak menyukai aroma cabe kering. Oleh karena itu, jangan buang-buang stok cabe anda. Caranya dengan memasukkan cabe kering ke dalam tempat penyimpanan beras anda. Biarkan hingga aromanya tercium oleh kutu beras dan kutu beras akan pergi. Pastikan untuk membersihkan beras dari cabe kering sebelum dimasak agar rasanya tidak menjadi pedas saat dimasak.


Nah, demikian cara-cara menghilangkan kutu beras. Disarankan beras yang Mama simpan tidak terlalu banyak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan paling lama satu bulan saja. Dengan demikian, Mama bisa lebih rutin mengganti stok beras dengan beras baru. Selain itu, sebaiknya jemur beras terlebih dahulu di bawah sinar matahari yang terik sebelum disimpan di wadah penyimpanannya.

Published at 2020-09-03 00:00:00

Meta title : Ini Dia Cara Menyimpan Beras Agar Bebas Kutu

Meta description : Menghilangkan kutu beras memang kerap menyita waktu, tapi dengan bahan - bahan berikut ini menghilangkan kutu beras jadi lebih mudah.

Related :